aku pengen berbagi tentang Penulisan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) nih.. Bagi temen-temen yang sedang kuliah di jurusan Pendidikan Bhs.Inggris, ini mungkin berguna buat kalian khususnya yg akan menempuh PPL.
Berikut adalah urutan penulisan RPP yang benar:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan
ke- : 1
Alokasi
waktu :
1 x 45’
Standar
Kompetensi :
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar :
3.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan
tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa
lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak
tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan
simpati, dan memberi instruksi.
Sub
– KD :
3.2.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan
tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa
lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak
tutur: menunjukkan perhatian dan menunjukkan simpati.
Indikator
:
1.
Melafalkan pengucapan ungkapan yang
menunjukkan perhatian dan simpati.
2.
Mendemonstrasikan percakapan dengan
ungkapan yang menunjukkan perhatian dan simpati.
I.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi tersebut
siswa diharapkan dapat melafalkan dan menggunakan ungkapan yang menunjukkan
perhatian dan simpati dengan lancar, benar dan berterima.
II.
Materi
Ajar :
Contoh ungkapan yang menunjukkan
perhatian dan simpati:
Showing Attention
|
Showing Sympathy
|
§
What should I
do to cheer you up?
§
Don't you
worry. I'm with you.
§
What's wrong
with you?
§
Hope you will
be fine.
§
Are you OK?
|
§ What
a terrible situation for you.
§ I'm
sorry to hear that.
§ I
know how it feels
§ Oh
that's awful.
§ Oh
dear, sorry to hear that.
|
III. Metode Pembelajaran :
EEC (Exploration-Elaboration-Confirmation)
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan
|
Teknik
|
Nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
1.
AWAL
a.
Persiapan
-
Salam pembuka
-
Berdoa
-
Mengecek daftar hadir
-
Membentuk kelompok
b.
Apersepsi
-
Siswa diberi pertanyaan tentang
kompetensi pertemuan yang lalu.
c.
Penyampaian Pokok-pokok materi:
-
Ungkapan yang menunjukkan
perhatian dan simpati.
d.
Penyampaian tujuan pembelajaran
e.
Penyampaian sistematika proses
pembelajaran:
1. Berdiskusi
tentang gambar.
2. Melafalkan
ungkapan perhatian dan simpati.
3. Melafalkan
percakapan dengan ungkapan tersebut.
4. Mengerjakan
tugas secara berkelompok.
5. Mendemonstrasikan
percakapan.
|
Ceramah
Tanya jawab
|
Religius
Disiplin
|
5’
|
2.
INTI
Explorasi
1. Siswa
diajak berdiskusi tentang gambar. (Task 1)
Elaborasi
2. Siswa
disuruh menirukan pengucapan ungkapan tersebut. (Task 2)
3. Siswa
diberi contoh teks dialog yang menggunakan ungkapan tersebut. (Task 3)
4. Siswa
diberi contoh cara membacanya.
5. Siswa
diminta membaca dialog dengan temannya.
6. Siswa
diminta melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan tersebut secara berkelompok.
(Task 4)
7. Siswa
diminta membuat dialog dengan ungkapan tersebut. (Task 5)
8. Siswa
diminta mendemonstrasikan dialognya secara berpasangan. (Task 5)
Konfirmasi
9. Siswa
diminta untuk memberi komentar tentang penampilan temannya.
|
Eliciting
Repetition/
drill
Reading
aloud
Demonstrasi
|
Rasa
ingin tahu
Mandiri
Gemar
membaca
Kreatif
Komunikatif
|
5’
25’
5’
|
3.
AKHIR
10. Siswa
ditanyai ada tidaknya kesulitan selama proses pembelajaran.
11. Siswa
diberitahu tentang tugas rumah.
12. Siswa
diberitahu tentang materi untuk pertemuan berikutnya.
|
Tanya-jawab
|
5’
|
|
Tugas
terstruktur
Siswa
diminta membuat dialog dengan tema/situasi tertentu dengan menggunakan
ungkapan diatas secara berkelompok.
|
Mandiri
|
Satu
minggu
|
|
Tugas
tidak terstruktur
Siswa
diminta untuk merekam dialognya dengan temannya.
|
Komunikatif
|
bebas
|
V.
Media
Pembelajaran :
Alat : LCD Proyektor
Media : Gambar, Slide Power Point
VI. Sumber Belajar :
Buku Paket SMA
Doddy, Achmad dkk. 2008. Developing English Competencies. BSE.
Hlm. 194
VII.
Penilaian
:
Penilaian Psikomotor
a. Prosedur : Proses
c. Pedoman : Rubrik
No.
|
Aspek
|
Rentang Skor
|
Keterangan
|
1.
|
Fluency
|
20
– 30
|
Very
fluent
|
10
– 20
|
Fluent
|
||
0
– 10
|
Not
fluent
|
||
2.
|
Pronunciation
|
30
– 40
|
Very
good
|
15
– 30
|
Good
|
||
0
– 15
|
Not
good
|
||
3.
|
Performance
|
20
– 30
|
Expressive
|
10
– 20
|
Partly
good
|
||
0
– 10
|
Flat
|
||
TOTAL SKOR
|
100
|
Kediri, Juni
2013
Mengetahui,
Pembimbing I Guru
Bahasa Inggris
Drs. Sugianto Dymarconnik Umaha Ulfa
NPM.
10.1.01.08.0079
Tidak ada komentar:
Posting Komentar