aku pengen berbagi tentang Penulisan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) nih.. Bagi temen-temen yang sedang kuliah di jurusan Pendidikan Bhs.Inggris, ini mungkin berguna buat kalian khususnya yg akan menempuh PPL.
Berikut adalah urutan penulisan RPP yang benar:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran        :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester         : X / 1
Pertemuan
ke-         : 1
Alokasi
waktu          :
1 x 45’
Standar
Kompetensi :
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar :
3.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan
tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa
lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak
tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan
simpati, dan memberi instruksi.
Sub
– KD :
3.2.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan
tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa
lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak
tutur: menunjukkan perhatian dan menunjukkan simpati.
Indikator
:
1.     
Melafalkan pengucapan ungkapan yang
menunjukkan perhatian dan simpati.
2.     
Mendemonstrasikan percakapan dengan
ungkapan yang menunjukkan perhatian dan simpati.
I.      
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi tersebut
siswa diharapkan dapat melafalkan dan menggunakan ungkapan yang menunjukkan
perhatian dan simpati dengan lancar, benar dan berterima.
II.   
Materi
Ajar :
Contoh ungkapan yang menunjukkan
perhatian dan simpati:
Showing Attention 
 | 
  
Showing Sympathy 
 | 
 
§ 
  What should I
  do to cheer you up? 
§ 
  Don't you
  worry. I'm with you. 
§ 
  What's wrong
  with you? 
§ 
  Hope you will
  be fine. 
§ 
  Are you OK? 
 | 
  
§  What
  a terrible situation for you. 
§  I'm
  sorry to hear that. 
§  I
  know how it feels 
§  Oh
  that's awful. 
§  Oh
  dear, sorry to hear that. 
 | 
 
III. Metode Pembelajaran : 
EEC (Exploration-Elaboration-Confirmation)
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan 
 | 
  
Teknik 
 | 
  
Nilai Karakter 
 | 
  
Alokasi Waktu 
 | 
 
1.     
  AWAL 
a.      
  Persiapan 
-         
  Salam pembuka 
-         
  Berdoa 
-         
  Mengecek daftar hadir 
-         
  Membentuk kelompok 
b.     
  Apersepsi 
-         
  Siswa diberi pertanyaan tentang
  kompetensi pertemuan yang lalu. 
c.      
  Penyampaian Pokok-pokok materi: 
-         
  Ungkapan yang menunjukkan
  perhatian dan simpati. 
d.     
  Penyampaian tujuan pembelajaran 
e.      
  Penyampaian sistematika proses
  pembelajaran: 
1.      Berdiskusi
  tentang gambar. 
2.      Melafalkan
  ungkapan perhatian dan simpati. 
3.      Melafalkan
  percakapan dengan ungkapan tersebut. 
4.      Mengerjakan
  tugas secara berkelompok. 
5.      Mendemonstrasikan
  percakapan. 
 | 
  
Ceramah 
Tanya jawab 
 | 
  
Religius 
Disiplin 
 | 
  
5’ 
 | 
 
2.     
  INTI 
Explorasi 
1.      Siswa
  diajak berdiskusi tentang gambar. (Task 1) 
Elaborasi 
2.      Siswa
  disuruh menirukan pengucapan ungkapan tersebut. (Task 2) 
3.      Siswa
  diberi contoh teks dialog yang menggunakan ungkapan tersebut. (Task 3) 
4.      Siswa
  diberi contoh cara membacanya. 
5.      Siswa
  diminta membaca dialog dengan temannya. 
6.      Siswa
  diminta melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan tersebut secara berkelompok.
  (Task 4) 
7.      Siswa
  diminta membuat dialog dengan ungkapan tersebut. (Task 5) 
8.      Siswa
  diminta mendemonstrasikan dialognya secara berpasangan. (Task 5) 
Konfirmasi 
9.      Siswa
  diminta untuk memberi komentar tentang penampilan temannya. 
 | 
  
Eliciting 
Repetition/
  drill 
Reading
  aloud 
Demonstrasi 
 | 
  
Rasa
  ingin tahu 
Mandiri 
Gemar
  membaca 
Kreatif 
Komunikatif 
 | 
  
5’ 
25’ 
5’ 
 | 
 
3.     
  AKHIR 
10.  Siswa
  ditanyai ada tidaknya kesulitan selama proses pembelajaran. 
11.  Siswa
  diberitahu tentang tugas rumah. 
12.  Siswa
  diberitahu tentang materi untuk pertemuan berikutnya. 
 | 
  
Tanya-jawab 
 | 
  
5’ 
 | 
 |
Tugas
  terstruktur 
Siswa
  diminta membuat dialog dengan tema/situasi tertentu dengan menggunakan
  ungkapan diatas secara berkelompok. 
 | 
  
Mandiri 
 | 
  
Satu
  minggu 
 | 
 |
Tugas
  tidak terstruktur 
Siswa
  diminta untuk merekam dialognya dengan temannya. 
 | 
  
Komunikatif 
 | 
  
bebas 
 | 
 
V.   
Media
Pembelajaran :
Alat     : LCD Proyektor
Media  : Gambar, Slide Power Point
VI.  Sumber Belajar :
Buku Paket SMA
Doddy, Achmad dkk. 2008. Developing English Competencies. BSE.
Hlm. 194
VII.  
Penilaian
:
Penilaian Psikomotor
a.       Prosedur  : Proses
c.       Pedoman : Rubrik
No. 
 | 
  
Aspek 
 | 
  
Rentang Skor 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 
1. 
 | 
  
Fluency 
 | 
  
20
  – 30 
 | 
  
Very
  fluent 
 | 
 
10
  – 20 
 | 
  
Fluent 
 | 
 ||
0
  – 10 
 | 
  
Not
  fluent 
 | 
 ||
2. 
 | 
  
Pronunciation 
 | 
  
30
  – 40 
 | 
  
Very
  good 
 | 
 
15
  – 30 
 | 
  
Good 
 | 
 ||
0
  – 15 
 | 
  
Not
  good 
 | 
 ||
3. 
 | 
  
Performance 
 | 
  
20
  – 30 
 | 
  
Expressive 
 | 
 
10
  – 20 
 | 
  
Partly
  good 
 | 
 ||
0
  – 10 
 | 
  
Flat
   
 | 
 ||
TOTAL SKOR 
 | 
  
100 
 | 
 ||
Kediri,            Juni
2013
Mengetahui,
 Pembimbing I                                                             Guru
Bahasa Inggris
 Drs. Sugianto                                                            Dymarconnik Umaha Ulfa
                                                                                                NPM.
10.1.01.08.0079
Tidak ada komentar:
Posting Komentar